Blog

Artikel karir

Tips mendapatkan pekerjaan dengan mudah


Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang demi kelangsungan hidupnya atau untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Setiap orang malakukan pekerjaan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, karena kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak bisa di tunda-tunda. Saat ini, dapat dikatakan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia adalah pengangguran karena banyaknya masyarakat yang tidak bekerja dengan alasan tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka. Tidaklah mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Padahal orang tersebut merasa sudah memenuhi kriteria yang diinginkan oleh perusahaan tempat ia melamar kerja.
Berikut adalah tips yang mungkin dapat membantu mempermudah mendapatkan pekerjaan:
Tunjukkan keahlian
Orang yang memiliki kelebihan akan memiliki poin tersendiri ketika melamar pekerjaan. Untuk itu, usahakan menguasai suatu bidang keahlian agar menjadi daya tarik bagi perekrut. Salah satu contoh keahlian yang bisa dipelajari dan ditunjukkan adalah kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi, dan lainnya.

Memperluas koneksi
Koneksi bisa saja menawarkan pekerjaan saat merasa membutuhkan tenaga kerja tambahan. Selain itu, adanya koneksi atau kenalan juga bisa mendapatkan informasi yang lebih, seperti jenis pekerjaan, gaji, serta kelebihan dan kekurangan dari pekerjaan tersebut. Nilai positif memiliki relasi yang luas lainnya adalah fresh graduate secara tidak langsung akan mengurangi tingkat persaingan.

Memanfaatkan internet
Pesat perkembangan teknologi saat ini membuat semua orang termasuk fresh graduate mudah memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet. Dengan begitu, pemburu pekerjaan bisa dengan mudah mencari lowongan dan bisa dengan mudah melamar. Sebagai contoh, banyak perusahaan pencari kerja yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan, seperti Linkedin, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Karir.com dan lainnya. Selain laman, fresh graduate juga bisa menggunakan media social, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Menebarkan CV secara online
Sistem rekrutmen seperti ini pun menguntungkan bagi mereka yang bisa memanfaatkan internet dalam mencari pekerjaan. Selain itu, pelamar kerja tidak perlu mengunjungi kantor satu per satu. Fresh graduate juga bisa mengirim CV ke puluhan alamat email perusahaan secara serempak dalam waktu yang singkat.

Menghadiri job fair
Selain mencari pekerjaan secara online, menghadiri job fair juga akan memberikan banyak informasi lowongan pekerjaan. Calon karyawan biasanya justru kerap mendapatkan kesempatan wawancara dalam acara job fair atau sering disebut walk in interview.

Pastikan data pada CV lengkap
Hal ini bisa dibilang sangat sepele tapi sangat sering diabaikan. Kebanyakan dari pelamar kerja hanya mencantumkan data yang umum saja. Padahal, semakin lengkap data pribadi yang dicantumkan pada CV, peluang untuk diterima juga semakin besar.

Membuat CV yang menarik
Selain lengkap, membuat CV lebih menarik juga bisa menambah peluang fresh graduate diterima di perusahaan yang diinginkan. Sebab, CV memang menjadi hal paling pertama yang dilihat perusahaan sebelum melihat hal lainnya. Bukan cuma isinya saja yang diperhatikan perusahaan, tapi juga desain pada CV.

Membuat surat lamaran kerja
Setelah yakin CV menarik HRD, pastikan pula surat lamaran ditulis dengan baik. Sebab, surat lamaran menjadi poin penting bagi pelamar kerja. Isi surat lamaran terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan, lampiran berkas, dan penutup.

Menyiapkan mental dan percaya diri
Kepercayaan diri dan optimisme dapat membuat kita terlihat positif di mata perusahaan. Tips yang bisa digunakan untuk menaikan percaya diri adalah mempersiapkan diri. Melamar pekerjaan memang kondisi yang sulit karena menguras energi dan emosi. Untuk itu, butuh usaha ekstra dan persiapan mental yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *