Blog

Artikel karir

Apa Itu Kata Kunci Resume dan Mengapa Penting?

Para profesional menggunakan kata kunci dalam resume mereka saat melamar posisi pekerjaan. Menggunakan kata kunci yang tepat memerlukan tinjauan terhadap posisi pekerjaan dan sifat kandidat yang diperlukan. Dengan mengetahui lebih banyak tentang resume dengan kata kunci, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan posisi pekerjaan. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan kata kunci resume, mengeksplorasi pentingnya kata kunci, dan mempertimbangkan cara menggunakan kata kunci dalam resume Anda.

Tips untuk menulis resume
Berikut daftar tips bagi yang ingin menulis resume:
Koreksi resume: Mengoreksi resume Anda akan bermanfaat untuk membantu memastikan tidak ada kesalahan faktual atau tata bahasa. Mengoreksi kesalahan meningkatkan peluang perusahaan mempekerjakan Anda untuk suatu posisi pekerjaan.

Gunakan bahasa yang ringkas: Anda mungkin ingin meninjau apakah resume itu ringkas dan menemukan cara untuk menghilangkan kata-kata yang bertele-tele atau meningkatkan kejelasan. Untuk melakukan ini, Anda dapat menghapus bahasa yang berulang dan menyederhanakan bahasa jika memungkinkan.

Batasi halaman: Anda biasanya ingin mempertahankan panjang halaman satu halaman. Ini memberi Anda ruang untuk menggambarkan pekerjaan dan pengalaman akademis Anda yang relevan.

Apa kata kunci resume?
Kata kunci resume mengacu pada ungkapan dan frasa yang disertakan dalam resume yang berhubungan langsung dengan posisi pekerjaan tertentu. Saat kandidat melamar posisi pekerjaan terbuka, mereka dapat menggunakan kata kunci yang terkait dengan pengalaman individu, latar belakang akademis, dan posisi pekerjaan sebelumnya. Penggunaan kata kunci ini bermanfaat karena memungkinkan manajer perekrutan meninjau resume dengan cepat atau menggunakan perangkat lunak dengan filter khusus untuk melacak kata kunci. Mereka kemudian dapat menentukan apakah kandidat memiliki pengalaman yang diperlukan untuk unggul dalam posisi pekerjaan yang terbuka. Berikut daftar jenis kata kunci yang dapat Anda sertakan dalam resume:

Jabatan: Beberapa perusahaan dan manajer perekrutan lebih memilih kandidat yang memiliki pengalaman dengan jabatan tertentu. Misalnya, mereka dapat meminta seorang profesional yang berpengalaman dalam manajemen media sosial.

Perusahaan sebelumnya: Perusahaan mungkin menunjukkan minat pada kata kunci spesifik mengenai perusahaan sebelumnya karena mereka dapat mengidentifikasi perusahaan dan perusahaan yang mereka kenal. Ini memberi mereka lebih banyak informasi tentang tanggung jawab dan tempat kerja Anda sebelumnya.

Keahlian perangkat lunak dan teknologi: Manajer perekrutan mencari kata kunci yang melibatkan keterampilan teknologi dan perangkat lunak Anda, membantu mereka menentukan bagaimana Anda dapat bekerja di perusahaan dan apakah Anda memerlukan pelatihan tambahan.

Keterampilan khusus industri dan profesi: Meninjau lowongan pekerjaan untuk mengetahui keterampilan keras tertentu akan bermanfaat karena membantu Anda menentukan keterampilan mana yang dianggap diinginkan oleh manajer perekrutan.

Sertifikasi: Beberapa profesional memerlukan sertifikasi tertentu, itulah sebabnya manajer perekrutan dapat memfilter resume Anda berdasarkan kata kunci yang melibatkan sertifikasi tersebut.

Nama Universitas: Beberapa perusahaan meninjau nama universitas di resume untuk menentukan apakah kandidat tersebut lulus dari organisasi yang memiliki reputasi baik.

Gelar universitas: Banyak manajer perekrutan memerlukan gelar universitas tertentu untuk menerima kandidat ke dalam organisasi.

Afiliasi profesional: Penting bagi manajer perekrutan untuk mempelajari afiliasi profesional kandidat karena membantu mereka mempelajari hubungan kandidat dengan profesional lain di industri.

Contoh kata kunci resume
Berikut adalah 75 contoh beberapa kata kunci resume yang dicari pemberi kerja di resume:
Desain
Penjualan
Pemasaran
Strategi
Riset
Merek
Sertifikasi
Akuntansi
Anggaran
Keuangan
Presentasi
Akuntansi
Hukum
Pertunangan
Pelatihan
Pengujian
Menulis
Metrik
Inventaris
Kontrak
Peraturan
Penjadwalan
Logistik
C (bahasa pemrograman)
Kontrol
Sumber daya manusia
Periklanan
Peramalan
Kepegawaian
Pengembangan produk
Lincah
Lingkaran kehidupan
Otomatisasi
Ekonomi
GETAH
KPI
Pembelian
Pemodelan
Pengeluaran
Penagihan
Akuisisi
Microsoft Office
Perencanaan strategis
HTML
Pengembangan perangkat lunak
Jawa
Kerangka kerja
Dukungan teknis
Kualitas asuransi
Manajemen risiko
Daftar gaji
Pengkodean
Manajemen program
Manajemen hubungan
SaaS
Pengetahuan produk
Penerimaan
Orang Spanyol
PMP
Analisa bisnis
Arus kas
Perencanaan acara
Migrasi
Penjaminan emisi
Faktur
Data besar
VMware
seo
Alur kerja
Materi pemasaran
Manajemen kasus
Pengembangan kepemimpinan
Pengguna akhir
Layanan konsultasi
Keberlangsungan bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *